Senin, 26 Maret 2012

Pekan Ini Rupiah Cenderung Melemah

Anastasia Joice | Robert Adhi Ksp | Senin, 26 Maret 2012 | 07:05 WIB


                                                                                           KOMPAS/HERU SRI KUMORO 
Ilustrasi 
JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pekan ini, nilai tukar rupiah diperkirakan bergerak dengan kecenderungan konsolidasi hingga melemah. Kuatnya permintaan dollar AS menjelang akhir bulan seiring dengan rutinitas importir mengisyaratkan berlanjutnya depresiasi mata uang rupiah.

"Apalagi ketidakpastian situasi ekonomi global di tengah menjalarnya persoalan utang Yunani ke negara-negara zona euro lainnya, seperti Irlandia

maupun Spanyol, lebih mendukung safe-haven dollar currency," demikian catatan dari analis riset BNI Treasury Apressyanti Senthaury, Senin (26/3/2012).

Selain itu, kecemasan pasar atas sinyal naiknya inflasi di Indonesia akan ikut menambah beban rupiah. Terlebih isu perlambatan global merespon sinyal penurunan ekonomi negara China selaku negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia masih terus memburamkan prospek perekonomian global ke depan.

Namun demikian, rencana pemerintah RI menyelenggarakan lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada 27 Maret mendatang membuka peluang dukungan bagi pergerakan rupiah. Dengan target indikatif senilai Rp 1 triliun dan meliputi 4 seri Sukuk (PBS001, PBS002, PBS003 & PBS 004) diharapkan direspon positif oleh pasar, terutama pemain asing.

Bahkan, diharapkan arus modal asing akan mengalir deras memasuki pasar domestik untuk turut menopang penguatan rupiah. Apalagi optimisme pada perekonomian Indonesia yang didukung stabilitas moneter serta fundamental yang solid memunculkan harapan untuk terapresiasinya rupiah. Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pun optimistis akan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi pada kisaran 6,7 persen dan 7 persen.

Untuk kisaran pergerakan, rupiah diperkirakan akan berada di level resisten kuat pada Rp 9.225 per dollar AS dan support kuat pada Rp 9.075 per dollar AS.

 Sumber Berita

Diposkan Oleh : luxspia ~ News, Music, Sport, Articles, Religius

Judul Posting :Pekan Ini Rupiah Cenderung Melemah
Semoga bermanfaat bagi bloggers. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.
Sertakan Link Sumber Bila Copy Paste
DMCA.com

Baca juga yang ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS KaliMasMedia | kalimasmedia.blogspot.com SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA/10 ZULHIJJAH TAHUN 1433 H / 2012 M yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, QS 2;183KaliMasMedia