Jumat, 23 Maret 2012

Menilik Pabrik Pembuatan Tahu di Desa Karangmoncol Randudongkal

Ilustrasi gambar - carapedia.com


Ditulis oleh Administrator   
Wednesday, 21 March 2012

Satu Kuintal Kedelai Menghasilkan 40 Lempengan Tahu
Banyak orang merasakan nikmat dan renyahnya tahu Karangmoncol Kecamatan Randudongkal. Namun tak banyak orang tahu proses pembuatannya. Seperti apakah?
LAPORAN: NUR KOLIFAH

Kepada Radar, Kamel, salah satu karyawan pembuat tahu menceritakan, awalnya tahu dibuat dari kedelai. Pertama kedelai direndam lalu digiling. Setelah itu direbus, kemudian
disaring, dibibit (diberi air tahu lalu dibekukan).

Setelah itu dicetak, lalu dipotong-potong dan digoreng. "Satu hari bisa menghabiskan satu kuintal kedelai, dan dari 1 kuintal kedelai menghasilkan 40 lempeng tahu."
Menurut Riyadi, pemilik pabrik, perusahaan itu berdiri sejak tahun 1960, yang merupakan warisan nenek. 

Pabriknya mempekerjakan ada empat karyawan. Meskipun harga BBM bakalan naik, baginya hal itu tak jadi masalah. Sebab tetap menjual dengan harga lama. "Saya akan menjual tahu dengan harga sama, hanya ukurannya yang diubah," imbuhnya.

Untuk saat ini, tandasnya, harga Rp100 per buah untuk tahu kecil, dan Rp200 untuk tahu besar. Jika sudah dipletok tahu kecil dijual Rp125. Adapun yang besar Rp225.

 "Saya memasarkan tahu ke Pasar Randudongkal dan Moga. Harapannya harga bahan baku bisa stabil, tidak naik-turun." (*)

Diposkan Oleh : luxspia ~ News, Music, Sport, Articles, Religius

Judul Posting :Menilik Pabrik Pembuatan Tahu di Desa Karangmoncol Randudongkal
Semoga bermanfaat bagi bloggers. Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.
Sertakan Link Sumber Bila Copy Paste
DMCA.com

Baca juga yang ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS KaliMasMedia | kalimasmedia.blogspot.com SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA/10 ZULHIJJAH TAHUN 1433 H / 2012 M yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, QS 2;183KaliMasMedia